DaerahHukrimNews

Unit K9 Polres Lumajang Berhasil Temukan Jejak Pencuri Sapi

LUMAJANG | hallojatimnews – Terjadi lagi pencurian sapi pada hari jumat tanggal 7 Juni 2019 diketahui sekira pukul 02.30 Wib sapi milik Pak sutris (60th) Dusun Beka Desa Sawaran lor Kec Klakah Kab Lumajang.Sabtu (8/6/19).

Tim Cobra Polres Lumajang bersama Satgas Keamanan Desa Sawaran Lor serta masyarakat melakukan pencarian 2 ekor sapi yang hilang dengan cara mengikuti jejak untuk melacak sapi yang hilang. Anjing pelacak pun diterjunkan untuk mengikuti jejak sapi serta penggunaan drone untuk memantau dari atas.

Unit K9 Polres Lumajang saat amankan jejak pencuri sapi

Pada akhirnya anjing pelacak menemukan baju yang di duga milik pelaku, dan selanjutnya menemukan 1 ekor sapi di Dusun Gambang Desa Jenggrong Kec Ranuyoso Kab Lumajang.

Pencarian terus dilakukan sehingga bisa menemukan sapi yang kedua di curah Tlempik Dusun Beka tengah Desa Jenggrong Kec. Ranuyoso kab Lumajang. Sapi kedua yang ditemukan dalam keadaan di ikat kaki dan leher, sehingga terlihat kondisinya lemas.

Kapolres Lumajang AKBP DR Muhammad Arsal Sahban SH SIK MM MH mengungkapkan “Alhamdulillah berkat ditemukan baju dari salah satu tersangka, anjing pelacak berhasil mencium jejak sapi tersebut, sehingga dua sapi yang di curi berhasil ditemukan” Ujar Arsal

“walaupun kedua sapi berhasil ditemukan, tapi saya juga kecewa, karena beberapa program saya untuk mengatasi pencuriam sapi belum maksimal dijalankan. Saya berharap masyarakat mau membeli rantai sapi yang hanya seharga Rp. 100.000,- untuk mengamankan ternak mereka” Ujar Arsal kembali”

“Secara preventif saya telah gelorakan program 3 lapis keamanan untuk mengatasi pencurian sapi. Yaitu lapis pertama program komunitas rantai sapi, sebagai bentuk tanggung jawab pribadi para pemilik sapi. Kemudian lapis kedua program garasi ternak, dimana sapi dalam 1 RT dikumpulkan dalam 1 kandang bersama dan juga diawasi bersama. Lapis ketiga program pembentukan Satgas Keamanan Desa, yang mana program SKD ini merupakan penyelesaian komprehensif mengatasi masalah-masalah kamtibmas di tiap Desa, termasuk masalah pencurian sapi. Saat ini Satgas Keamanan Desa sudah terbentuk di 198 desa dengan jumlah personil mencapai 5.940 orang yang merupakan relawan – relawan keamanan yang tidak digaji “ ungkap Kapolres.

Sementara itu, Kapolsek Klakah AKP Dodik Suwarno, SH “masyarakat saat ini sudah mulai peduli untuk melaporkan setiap kejadian pencurian sapi kepada kami, dimana dengan kehadiran Tim Cobra, memberikan semangat kepada masyarakat” ujar dodik.

dilokasi pencarian terlihat semua unsur bahu-membahu mencari sapi yang hilang. Selain Tim Cobra dan satgas keamanan Desa, terlihat juga Danramil klakah dan kapolsek klakah mengomando proses pencarian bersama masyarakat desa sawaran Lor. @pri

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button