NasionalNewsTNI-ku

Latihan TNI AL Thailand Dalam Sea Garuda 2019 Bersama Koarmada II

Surabaya || hallojatimnews –Komando Armada II kembali terlibat dalam latihan bersama dengan Royal Thai Navy (RTN) atau Angkatan Laut Thailand yang diberi sandi Sea Garuda 20AB-19. Segala persiapan menyangkut latihan tersebut menjadi bahasan utama dalam Final Planning Conference (FPC) Sea Garuda 20AB-19 , yang dilaksanakan di Hotel JW Marriot Surabaya mulai hari ini Selasa, (18/6/2019) .

Dalam konferensi akhir yang akan dilaksanakan hingga 20 Juni 2019 ini, delegasi TNI AL dalam hal ini Koarmada II diwakili oleh Komandan Satuan Kapal Cepat ( Dansatkat ) Koarmada II Kolonel Laut (P) Eko Wahyono. Sementara delegasi RTN diwakili oleh Komandan Kapal HTMS Bhumibol Adulyadej, Capt Smitnat Kunnavatana beserta anggota delegasi lainnya dari angkatan laut kedua Negara.

Latihan gabungan Sea Garuda merupakan latihan bilateral antara TNI AL dan Royal Thai Navy (RTN) yang diadakan secara rutin setiap 2 tahun sekali. Sea Garuda 20AB-19 menurut rencana akan diselenggarakan mulai tanggal 15 s.d. 21 Agustus 2019 dimana Thailand sebagai tuan rumah.

Latihan Sea Garuda 20AB-19 akan melibatkan 2 kapal perang dari TNI AL yakni KRI Bung Tomo-357 dan KRI Frans Kaisiepo-368 ,sedangkan Angkatan Laut Thailand melibatkan 2 kapal perangnya yaitu HTMS Bhumibol Adulyadej dan HTMS Rattanakosin.

Latihan Sea Garuda 20AB-18 kali ini juga melibatkan peran Marinir dalam latihan taktik perang amfibi, serta melaksanakan manuver lapangan dengan tujuan berbagi pengetahuan dan pengalaman antara kedua Angkatan Laut negara ASEAN tersebut.

Sementara itu dalam sambutannya Dansatkat Koarmada II Kolonel Laut (P) Eko Wahyono sebagai Ketua Delegasi TNI AL dalam FPC Sea Garuda 20AB-19 mengatakan jika latihan bersama Sea Garuda 20AB-19 ini , dipercaya mampu meningkatkan kualitas dari hubungan kerjasama antar TNI AL dengan RTN menuju arah yang lebih baik lagi.

“ Pada dasarnya Sea Garuda 20AB-19 bertujuan meningkatkan interoperabilitas dalam aspek-aspek peperangan maritime yang umum terjadi di TNI AL maupun RTN, disisi lain juga untuk membangun peluang interaksi dan pertukaran pengetahuan serta pengalaman antara Kormar dan RTMC sebagai kekuatan professional TNI AL maupun RTN “, terang perwira menengah dengan tiga melati di pundak ini. @pri

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button