News

Wali Kota Eri Cahyadi Resmikan Wisata Kuliner Kya-kya Kembang Jepun

Surabaya – Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi resmi melaunching Wisata Kya Kya Kembang Jepun Surabaya, Sabtu (10/9/2022) malam. Hadir dalam acara peresmian itu Kapolrestabes Surabaya dan Kapolres Tanjung Perak, beserta Forkopimda Kota Surabaya. Hadir secara khusus pada saat itu adalah Dahlan Iskan dan juga dihadiri Wakil Ketua DPRD Surabaya Laila Mufidah beserta sejumlah anggota DPRD Kota Surabaya lainnya.

Acara peresmian wisata kuliner Kya-Kya ditandai dengan penabuhan tamborin yang dilakukan oleh Wali Kota Eri beserta Forkopimda Surabaya dan para undangan. Eslu Kota beserta para rombongan juga sempat menaiki becak hias mengelilingi rumah abuhan dan juga klenteng. Bahkan, Wali Kota Eri beserta Forkopimda Surabaya juga sempat mengelilingi dan merasakan berbagai produk UMKM yang ada di stand-stand UMKM.

Dalam sambutannya Wali Kota Eri Cahyadi mengatakan pada hari ini juga bersamaan dengan bulan purnama bersinar terang. Bulat sekali. Ini seperti menandakan kalau Kya-Kya tidak akan pernah mati suri lagi.

“Makanya, saya berharap dengan dilaunchingnya Kya Kya di bulan Purnama ini, tidak hanya jadi tempat yang dibuka lalu setelah itu selesai, tapi saya yakin Kya Kya ini akan seperti Tunjungan Romansa dan Susur Sungai Kalimas yang terus menjadi ikon Surabaya. Apalagi, kita bisa melihat dan mendapatkan makanan khas Cina, karena memang kampung Pecinan ya,” kata Wali Kota Eri.

Bukan hanya kuliner saja, di Wisata Kya Kya Kembang Jepun itu, nanti para pengunjung bisa menaiki becak untuk menelusuri sejarah Pecinan dulu, ada rumah abuhan dan juga klenteng. Di samping itu, pengunjung juga bisa menikmati makanan khas Pecinan.

Dari pantauan awak media hallojatimnews.com para antusias pengunjung terlihat berjubel sejak pintu gerbang. Sebagian dari mereka menikmati berbagai kuliner khas Pecinan yang dijajakan puluhan pedagang di lokasi dan juga ada mobil box family yang khusus untuk berkaraoke.

Selanjutnya Wali Kota Eri juga memastikan bahwa setelah melihat antusiasme warga Surabaya yang begitu tinggi terhadap wisata Kya Kya ini, maka dia bersama stakeholder lainnya sudah sepakat untuk memanjangkan wisata Pecinan itu, sehingga ke depannya akan memakai sepanjang Jalan Kembang Jepun untuk area wisata maupun tempat stand UMKM.

“Saat ini sudah ada 60 UMKM yang sudah berjualan, dan yang membuat saya bangga, 30 UMKM diantaranya berasal dari UMKM warga sekitar sini,” katanya.

Selanjutnya, wisata Kya Kya Kembang Jepun ini akan dibuka pada tiap Jumat, Sabtu dan Minggu.  Saat dibuka, masyarakat bisa menikmati makanan hingga tampilan budaya.

“Ke depan kami akan resmikan wisata di kawasan Romokalisari dan wisata Religi Ampel. Memang, masing-masing tempat punya kekhasan wisata yang bisa dinikmati seluruh warga, baik warga Surabaya maupun luar Surabaya,” ujar Eri. @ njb

Related Articles

Back to top button