DaerahNasionalNewsPemerintahan

Gus Ipul Ikuti Ishighotsah Kubro di GOR Sidoarjo

Wakil Gubernur Prov Jatim Drs.H.Saifullah Yusuf Beserta Para Kyai,Ulama, Habaib Menyayikan Lagu Mars NU Dalam Acara PWNU Jatim Istighotsah Kubro 2018 Di Gor Sidoarjo

Sidoarjo, hallojatimnews.com – Wakil Gubernur Jatim Drs. H. Saifullah Yusuf yang lekat disapa Gus Ipul mengikuti Isthigotsah Kubro yang diadakah di Stadion Gelora Delta Sidorajo, Minggu (28/10).

Kegiatan istighotsah yang dimulai sejak pukul 06.00 pagi ini merupakan rangkaian perayaan Hari Santri Nasional yang diperingati setiap tanggal 22 Oktober sejak tahun 2015.

Kegiatan Istighotsah Kubro ini diikuti oleh ratusan ribu jamaah NU dari berbagai pelosok daerah di Jatim. Tampak di tengah lapangan lautan manusia berseragam putih, terbagi antara jamaah putri dan jamaah putra. Demikian juga di bagian tribun penonton telah terisi penuh dengan jamaah.

Dalam sambutannya, Ketua PWNU Jatim KH. Marzuqi Mustamar menyampaikan bahwa ulama dan kyai memiliki andil besar dalam perjuangan kemerdekaan Indonesia. Dicontohkan sebelum ada tentara Pangeran Diponegoro bersama santri-santrinya sudah berjuang melawan penjajah untuk meraih kemerdekaan. KH Hasyim Asyari bahkan telah menggagas resolusi jihad, ini menunjukkan bahwa Indonesia merupakan warisan para ulama dan kiai dan kita wajib menjaganya, tegasnya.

Ditambahkan, para jamaah diharapkan tidak mudah terprovokasi atau dibohongi atas ajakan yang mengatasnamakan negara islam. Ini penting dilakukan, karena hanya di Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) masyarakat islam bisa hidup damai berdampingan. Bahkan hanya di Indonesia pengajian yang melibatkan ribuan jamaah bisa berjalan aman dan lancar seperti sekarang ini, terangnya.

Pada kegiatan Istighotsah ini juga dilakukan pembacaan ikrar santri yang dibacakan oleh Muhaimin Iskandar. Isinya antara lain mengenai komitmen para santri untuk selalu menjaga akidah dan NKRI sebagai harga mati.

Turut hadir dalam kegiatan ini, diantaranya Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman, Bupati Sidoarjo Saiful Ilah, Mustasyar NU KH Maruf Amin, dan 9 Kiai Khos Nusantara yakni KH Miftahul Ahyar, KH Anwar Mansur, KH Nawawi Abdul Jalil, KH Kholil Asad, KH Agoes Ali Mashuri, KH Anwar Iskandar, KH ZainuddinJazuli, KH Nurul Huda Jazuli, dan KH Idris Hamid. (hms/red)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button