EkbisNewsSeni Budaya

Bank Indonesia Tumbuhkan Ekonomi Melalui Ludruk Semanggi Suroboyo

 

 

SURABAYA | Hallo Jatim – Sejalan dengan komitmen Bank Indonesia untuk meningkatkan literasi dan edukasi uang Rupiah serta sekaligus mengangkat kembali seni budaya lokal, Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPw BI) Provinsi Jawa Timur bekerjasama dengan komunitas Ludruk Irama Sinar Budaya Nusantara menggelar pagelaran dengan lakon “Semanggi Suroboyo” episode Deloken Disek di Gedung Balai Budaya Surabaya.

Difi A. Johansyah, Kepala Perwakilan BI Provinsi Jawa Timur mengatakan, pagelaran ini selain menjadi sarana komunikasi kreatif untuk mengkomunikasikan kebijakan Bank Indonesia kepada masyarakat, juga merupakan wujud komitmen BI untuk mengangkat kembali seni budaya lokal.

” Harapannya, semakin banyak masyarakat yang mencintai dan mendukung ludruk sehingga mampu mendorong perekonomian Jawa Timur melalui sektor pariwisata,” tuturnya.

Masih dengan Difi, pertunjukan ludruk berdurasi 1,5 jam yang menampilkan legenda ludruk Jawa Timur Cak Kartolo ini mengangkat cerita tentang sebuah keluarga dengan sang bapak yang masih menyimpan uang dengan metode zaman dulu, yaitu disimpan di bantal dan bukan di bank.

“Saat sang bapak membutuhkan uang tersebut untuk biaya pernikahan anaknya, baru diketahui bahwa uang yang telah lama disimpan di bantal tersebut, sebagian telah habis masa edarnya, beberapa di antaranya rusak dan bahkan juga terdapat uang palsu,” pungkasnya. Minggu (24/03/2019)

Uang Rupiah merupakan wujud kedaulatan Bangsa Indonesia. Bank Indonesia mengajak masyarakat untuk menjaga kedaulatan Indonesia dengan mencintai dan menjaga Rupiah kita.

Pesan yang disampaikan melalui pagelaran ini, Bank Indonesia mengajak masyarakat untuk menerapkan prinsip 5 Jangan dalam menggunakan uang Rupiah, antara lain Jangan Dilipat, Jangan Dicoret, Jangan Distapler, Jangan Diremas, dan Jangan Dibasahi. Selain itu, untuk mengecek keaslian uang Rupiah, masyarakat juga dapat menggunakan metode 3D(Dilihat-Diraba-Diterawang). @ AD1

 

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button