NasionalNews

162 Tumpeng Tumpah Ruah di Balai RW. 05 Simo Gunung Barat Surabaya

Surabaya // Hallojatimnews – Sedekah bumi digelar warga Simo Gunung Barat, Kelurahan Simo Mulyo, Kecamatan Sukomanunggal, Surabaya,Jawa Timur, tepatnya di balai Rw. 05 Simo Gunung Barat. Minggu (8/9/2019) pukul 07.00 Wib pagi hari. Tampak hadir dalam acara, Camat Sukomanunggal, Lurah Simu Mulyo, Polsek Sukomanunggal, LPMK, dan Seluruh Rw setempat.

Dari info yang diperoleh oleh awak media hallojatimnews, acara ini menghabiskan dana sekitar 48 juta yang berasal dari swadaya masyarakat. Masing masing masyarakat dibentuk kelompok yang terdiri dari 6 orang, setiap kelompoknya wajib membawa 1 tumpeng. Jumlah keseluruhan sebanyak 162 tumpeng dikerumuni ratusan warga yang terdiri dari anak – anak hingga dewasa. Mereka saling berdesakkan berusaha sama-sama mendekat sembari menunggu aba aba untuk memulai menikmati tumpeng yang telah disediakan.

Anak anak saling berdesakan menikmati tumpeng yang telah disediakan

Pembawa acara terus-menerus mengingatkan agar warga bersabar dan tidak mengambil isi tumpeng, hingga selesainya prosesi dan doa. Rangkaian acara satu persatu sudah dilalui, dan tibalah saatnya do’a dipanjatkan sebagai bentuk rasa syukur kepada Tuhan yang maha esa. Setelah doa ditutup, tanpa aba aba warga kemudian serentak saling berebut isi tumpeng sembari menyantabnya.

Suasana Balai Rw.05 saat dikerumuni warga

Kemeriahan tampak menghiasi balai RW pagi itu. Semua yang hadir saling berdesakan dan mendekat menikmati tumpeng tumpeng yang telah disediakan.

Irwan, selaku ketua Rw.05 sebagai tuan rumah memaparkan, ”secara umum tasyakuran ini merupakan ungkapan rasa syukur setiap warga atas rezeki yang diterima, dan juga kesehatan tentunya. Kegiatan ini telah turun temurun setiap tahun dillaksanakan oleh masyarakat simo mulyo, selain ini itu juga meningkatkan rasa guyub, rukun antar warga” singkatnya. (red)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button