Polres Tanjung Perak

Polres Tg. Perak, Gelar Operasi Zebra Semeru 2020 di Hari Pertama dengan membagikan Bunga Mawar Pada Pengguna Jalan

SURABAYA || HALLOJATIMNEWS.com – Guna memutus mata rantai penyebaran dan penularan Covid-19 serta penegakan hukum, Polres Pelabuhan Tanjung Perak gelar Operasi Zebra Semeru 2020 yang pertama, di Jalan Jakarta, pada hari senin (26/10/2020) pagi.

Pelaksanaan Operasi Zebra Semeru 2020, dipimpin langsung oleh Kapolres Pelabuhan Tanjung Perak AKBP Ganis Setyaningrum, S.SI, MH, didampingi Kasat Lantas AKP Sigit Indra Puji Santoso S.H M.H., berserta para personil Anggota Satlantas Polres Pelabuhan Tanjung Perak.

Target Operasi Zebra kali ini, petugas akan menindak tegas bagi pelanggar yang tidak melengkapi surat-surat kendaraannya baik R2 maupun R4 yang melintas di area Operasi.

Untuk diketahui, dalam Operasi Zebra tersebut, petugas melakukan pemeriksaan dan pengecekan kelengkapan pengendara.

Adapun 12 prioritas pelanggar lalu lintas yang akan ditindak. Meliputi :

(1). Tidak menggunakan helm SNI.
(2). Melawan arus.
(3). Menggunakan HP saat berkendara.
(4). Melebihi batas kecepatan.
(5). Tidak menggunakan sabuk keselamatan.
(6). Pengendara di bawah umur.
(7). Melebihi batas dan kapasitas muatan.
(8). Penggunaan kendaraan bermotor terdapat strobo atau rotator.
(9). Berkendara dalam pengaruh alkohol.
(10). Pengguna knalpot brong.
(11). Tidak menyalakan lampu utama pada siang dan malam hari.
(12). Melanggar marka jalan.

Dalam penyampaiannya, Kapolres Pelabuhan Tanjung Perak AKBP Ganis Setyaningrum, S.SI, MH, menuturkan, operasi zebra semeru 2020 ini, digelar secara serentak di seluruh Indonesia dimulai hari ini.

”Tujuannya, untuk mendisiplinkan masyarakat saat berkendara di Jalan. Baik, kelengkapan kendaraan maupun tentang protokol kesehatan,” sambungnya.

Untuk itu, Petugas tidak akan segan-segan menindak para pelanggar yang membahayakan pengendara lain, Seperti pelanggaran melawan arus lalu lintas, pelanggaran stop line, dan helm.

Disamping itu, Ganis mengatakan, dalam melaksanakan Ops Zebra. Saya juga melakukan aksi simpatik kepada para pengguna jalan dengan membagikan bunga mawar.

Aksi simpatik ini saya lakukan,”sebagai bentuk menjalin kedekatan kepada masyarakat, karena kami tidak ingin muncul kesan yang tidak baik terhadap Polantas. Oleh karena itu, disela-sela operasi kami lakukan aksi simpatik,” terang Ganis.

Masih kata Ganis, Operasi Zebra ini sesuai jadwal yang akan terus dilaksanakan sampai tanggal 8 November 2020. Diharapkan, bagi pengendara untuk tetap mematuhi peraturan lalu lintas.

Ditambahkannya, kepada masyarakat yang berkendara di jalan, agar tetap disiplin dalam menaati aturan lalu lintas, dan tetap mengedepankan protokol kesehatan, humanis serta hindari tindakan kontra produktif yang dapat menurunkan citra Polri. @im

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button