NasionalNewsPemerintahan

Inovasi terbaru PDAM untuk pelanggan

PDAM tambah Fitur Catat Meter Mandiri demi permudah pelayanan

Surabaya,hallojatimnews.com – Inovasi-inovasi dalam meningkatkan pelayanan kepada pelanggan terus dilakukan Perusahaan Air Minum Daerah (PDAM) Surya Sembada Kota Surabaya. Salah satunya penambahan fitur untuk mencatat meter air secara mandiri pada aplikasi PDAM Surya Sembada, yang mulai bisa digunakan Senin (17/9).

Fitur ini ditambahkan untuk memudahkan pelanggan yang memiliki mobilitas yang cukup tinggi dan jarang berada di rumah untuk secara mandiri membantu pencatatan meter PDAM.

Ari Bimo Sakti, Manajer Teknologi Sistem Informasi menjelaskan, melalui fitur ini pelanggan diharapkan dapat membantu PDAM mencatat meter melalui aplikasi resmi PDAM. Walaupun sudah ada fitur ini, lanjut Bimo, petugas pencatat meter tetap melakukan pencatatan meter dari rumah ke rumah seperti biasa sesuai tugas dan fungsinya

Bagi pelanggan yang sudah mempunyai aplikasi PDAM, tinggal memperbarui. Sedangkan untuk pelanggan yang belum mempunyai aplikasi PDAM Surya Sembada dapat mengunduh di Playstore. Sejak 2013 aplikasi ini bisa diunduh dan dipasang di gawai (gadget). Untuk sementara aplikasi dengan fitur terbaru ini hanya tersedia di gawai yang berbasis android, untuk gawai yang berbasis IoS masih dalam tahap pengembangan.

Penggunaan fitur catat meter sendiri cukup mudah. Diaplikasi yang baru ini pelanggan diharuskan untuk mendaftarkan nama, nomor pelanggan dan nomor telepon terlebih dahulu. Setelah itu, pelanggan harus memotret meter air kemudian mengunggah foto tersebut dan menulis ulang angka yang tertera pada meter air tersebut sesuai jadwal yang tertera diaplikasi.

Sementara itu, Agus Subagyo, Manajer Humas PDAM Surya Sembada berharap pelanggan bisa menggunakan aplikasi ini secara bijak dan sesuai prosedur yang berlaku. Walaupun sudah mengirim angka meter lewat aplikasi, pelanggan diharap tetap kooperatif jika ada petugas PDAM yang datang ke rumah, karena tidak hanya pencatat meter yang datang ke rumah namun petugas kontrol atau petugas teknis lainnya. “Kami imbau pelanggan juga tetap memperhatikan standarisasi petugas, termasuk seragam, surat tugas, tanda pengenal. Jika mencurigakan bisa ditolak atau dikonfirmasi ke call center kami dinomor 08001926666,” tegas Agus.(hms/red)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button

Kontak Redaksi