Polda Jawa Timur

3.261 Personel Dilibatkan Dalam Ops Zebra Semeru 2019 Selama 14 Hari

SURABAYA || HALLOJATIMNEWS – Kepolsian Daerah Jawa Timur, Apel gelar pasukan Ops Zebra Semeru 2019, dengan tema bersandi Operasi Zebra Semeru selama 14 hari, mulai hari ini hingga 5 November 2019. Ada sekitar 3.261 personel polisi diterjunkan, untuk melaksanakan operasi ini.kembali menggelar razia lalu lintas.

Dirlantas Polda Jatim, Kombes Budi Indra Dermawan mengimbau pasukannya untuk melakukan penindakan sesuai dengan Standar Operasional Prosedur (SOP) yang berlaku saat melakukan Operasi Zebra 2019. Dia tidak ingin pihaknya malah yang tidak tertib.

“Tanda pemeriksaan harus ada, jangan sampai masyarakat lihat tidak ada tanda-tanda pemeriksaan,” kata Budi saat memimpin apel kesiapan Operasi Zebra Semeru 2019, di mapolda jatim, Rabu (23/10).

Budi mengingatkan palang tanda razia harus ditaruh dengan jarak yang sudah ditentukan sehingga masyarakat bisa melihat ada operasi. Dia tidak ingin palang tanda itu tidak dipasang dan membuat masyarakat kaget sehingga tidak bisa berhenti di depan petugas saat berkendara.

“Ini tidak bagus, bisa jadi nanti masyarakat kaget terus jatuh,” tegas budi. juga meminta kepada anggotanya untuk tidak mendahulukan emosi saat menindak pelanggar. Namun, dia juga meminta kepada para anggotanya untuk tegas saat menindak pengemudi yang melanggar hukum.

“Ke depankan langkah humanis dan simpatik kepada siapa pun yang dilakukan langkah hukum,” himbau budi.

Para anggota baik dari polri, TNI, dan dinas perhubungan juga diminta kompak saat melakukan operasi Zebra. Budi tidak ingin para anggota berkubu-kubu lantaran berbeda divisi.

Namun, budi tetap menegaskan kepada para anggota untuk menindak sesuai dengan kapasitas mereka. Jangan sampai, lanjutnya, anggota di lapangan menindak kendaraan yang tidak sesuai dengan kapasitasnya yang membuat masyarakat beralasan untuk memperlihatkan surat-suratnya.

“Jangan hanya apel di sini ada TNI, polisi, Dishub, Pol PP tapi setelah itu lakukan kegiatannya sendiri, saya perintahkan Ditlantas secara gabungan. Ketika melakukan tindakan hukum sesuai dengan kewenangan masing-masing,” tutur budi.

Direktorat lalu lintas (Ditlantas) Polda jatim menerjunkan 3.261 Personel gabungan untuk lakukan Operasi Zebra semeru.

Operasi ini akan dilakukan mulai 23 Oktober sampai dengan 5 November 2019.

Sejumlah tindakan akan menjadi target operasi tersebut. Di antaranya adalah pelanggar yang melawan arus, pelanggar yang tidak memiliki surat izin, dan pelanggar yang kelengkapan kendaraannya tidak lengkap.

Reporter : Cak Pri.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button

Kontak Redaksi