TNI-ku

Wakasal Tutup Latihan Armada Jaya Ke 37 Tahun 2019 Di Kodiklatal

JAKARTA || hallojatimnews – Wakil Kepala Staf Angkatan Laut (Wakasal) Laksamana Madya TNI Wuspo Lukito, S.E., M.M., mewakili Kasal Laksamana TNI Siwi Sukma Adji, S.E., M.M., secara resmi menutup Latihan Armada Jaya ke-37 Tahun 2019 yang dipusatkan di gedung Joint Operasional Plan Ruler (JOPR) Pusat Latihan Elektronika dan Pengendalian Senjata (Puslatlekdalsen) Kesatrian Bumimoro Komando Pembinaan Doktrin, Pendidikan dan Latihan TNI Angkatan Laut (Kodiklatal), Selasa (17/7).

Sebelum acara penutupan, di tempat yang sama, Komandan Kodiklatal Laksda TNI Dedy Yulianto selaku Direktur Latihan Armada Jaya ke-37 Tahun 2019 memimpin pelaksanaan kaji ulang dan evaluasi Latihan Armada Jaya ke-37 Tahun 2019 yang dihadiri para Pangkotama TNI AL di antaranya Gubernur AAL Laksda TNI Edi Sucipto, S.E.,M.M., selaku Kawasdal, Komandan Seskoal Laksda TNI Dr. Amarulla Octavian, ST., M.Sc., D.E.S.D., selaku Kepala Tim Penilai, Pangkoarmada I Laksda TNI Yudo Margono, S.E., M.M., sebagai Pangkogasgabla, Pangkoarmada II Laksda TNI Mintoro Yulianto, S.Sos., M.Si., selaku Pangkogasgabfib, Pangkoarmada III Laksda TNI ING Ariawan, S.E., M.M., sebagai Pangkogasgabhantai dan Komandan Pasmar II Brigadir Jenderal TNI (Mar) Ipung Purwadi sebagai Komandan Pasukan Pendarat, serta para Komandan Satuan Tugas Dukungan (Dansatgasduk) yaitu Dansatgasduk Pasus, Dansatgasduk Informasi, Dansatgasduk Teritorial dan Dansatgasduk Kesehatan.

 

Pelaksanaan kaji ulang diawali dengan tanggapan dari masing-masing Kogas mengenai pelaksanaan latihan berikut kendala-kendala yang dihadapi serta masukan sebagai evaluasi agar pelaksanan latihan Armada Jaya ke depan akan semakin baik. Selain para Kogas dan Pasrat, Satuan Tugas Dukungan (Satgasduk) juga memberikan tanggapan tentang pelaksanan latihan tersebut.

Selesai penyampaian tanggapan dari para Kogas dan Satgasduk dilanjutkan dengan penyampaian penilaian selama pelaksanaan Latihan Armada Jaya yang disampaikan oleh Komandan Seskoal selaku Kepala Tim Penilai. Sementara itu, Litbang disampaikan Brigjen TNI Mar Tory S serta Evaluasi Latihan oleh Laksma TNI Janter Elias Manik, M.Si (HAN), CF., dari Inspektorat Jenderal Angkatan Laut (Itjenal).

Dalam sambutannya Kasal Laksamana TNI Siwi Sukma Adji, S.E., M.M., yang dibacakan Wakasal antara lain menyampaikan bahwa Latihan Armada Jaya ke-37 Tahun 2019, yang telah kita laksanakan sejak tanggal 17 Juni sampai dengan 17 Juli 2019 itu, bertujuan untuk mengasah kemampuan para perwira dalam mengaplikasikan proses pengambilan keputusan militer pada berbagai skala operasi, baik operasi mandiri TNI Angkatan Laut maupun latihan gabungan TNI. Oleh karena itu, pemahaman para peserta latihan terhadap E-PPKM yang digunakan turut berkontribusi terhadap keberhasilan latihan serta operasi militer yang dilaksanakan.

Dalam kesempatan tersebut Kasal juga menekankan, bahwa keberhasilan latihan ini tidak semata-mata dilihat dari hasil produk latihan, namun dari semangat, kesungguhan, serta yang paling penting adalah pemahaman terhadap esensi dari proses pengambilan keputusan itu sendiri, sekaligus evaluasi serta koreksi terhadap langkah dan jalannya Latihan Armada Jaya kali ini.

Menurutnya, perbaikan terhadap proses latihan yang dilakukan akan membawa perubahan positif bagi kemajuan organisasi menuju TNI Angkatan Laut yang mampu melakukan proyeksi regional serta berkomitmen global. Adapun kendala yang dihadapi selama pelaksanaan latihan, baik teknis maupun nonteknis agar dijadikan bahan evaluasi dan sumber inovasi dalam pelaksanaan Latihan Armada Jaya mendatang yang mendorong kepada proses pengambilan keputusan yang lebih aplikatif, efektif dan efisien, serta responsif terhadap perubahan lingkungan strategis

Sebelum mengakhiri amanatnys orang nomor satu di jajaran TNI AL ini, mengingatkan kembali esensi dari latihan sebagai nafas serta jiwa dari setiap prajurit. Sehingga kesungguhan dalam melaksanakan latihan merupakan hal yang mutlak menentukan keberhasilan pelaksanaan tugas operasi nantinya. Kasal juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh pihak yang terlibat selaku penyelenggara Latihan Armada Jaya ke-37 Tahun 2019, serta seluruh peserta latihan yang telah mencurahkan pikiran dan tenaga demi kelancaran penyelenggaraan kegiatan Latihan Armada Jaya ke 37 ini.( Cak Pri ).

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button