Polres Tanjung Perak

Polres Pelabuhan Tanjung Perak menerima penghargaan Integritas dari Wakil Presiden

SURABAYA || Hallojatimnews– Kapolres Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya AKBP Antonius Agus Rahmanto, S.I.K, Msi. mendapatkan Penghargaan Zona Integritas (ZI) menuju Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM)

Penghargaan itu diberikan langsung oleh Wakil Presiden RI Ma’ruf Amin kepada 15 kementerian, lembaga pemerintah non kementerian dan pemerintah daerah diantaranya kapolres Tanjung Perak di Hotel Bidakara, Jakarta, Selasa, 10 Desember 2019.

Dalam sambutannya, Wapres RI Ma’ruf Amin didampingi Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Tjahjo Kumolo menyampaikan bahwa penghargaan ZI kepada unit-unit pelayanan strategis tersebut merupakan upaya untuk menciptakan pemerintahan yang bersih, akuntabel dan melayani.


“Dengan predikat unit kerja yang berhasil meraih WBK dan WBBM, artinya unit kerja saudara menjadi icon perubahan birokrasi, sehingga gerak langkah yang saudara lakukan akan dilihat oleh seluruh stakeholder lain,” kata Wapres kepada para penerima penghargaan tersebut.

Wapres juga berpesan agar institusi pemerintahan yang mendapat penghargaan tersebut terus menjalankan prinsip-prinsip pelayanan publik yang berintegritas dan bebas dari segala bentuk korupsi.

“Semakin baiknya integritas birokrasi, maka akan memperkuat Public Trust dalam pelayanan publik kepada masyarakat,” tegasnya.

Sementara itu, Men PANRB mengatakan pembangunan ZI bertujuan untuk membangun budaya kerja birokrasi yang antikorupsi, berkinerja tinggi dan berkualitas.

“Pembangunan zona integritas bertujuan membangun program reformasi birokrasi serta membangun percontohan pada tingkat unit kerja pada instansi pemerintah sebagai unit WBK dan WBBM,” Kata Tjahjo Kumolo.

Adapun instansi yang menerima penghargaan tersebut adalah Kejaksaan Agung RI (55 unit kerja), Mahkamah Agung (62 unit kerja), Kementerian Keuangan (149 unit kerja), Kementerian Hukum dan HAM (43 unit kerja), Kementerian Perhubungan (12 unit kerja), Kementerian Perindustrian (6 unit kerja), Kementerian Luar Negeri (8 unit kerja), Kementerian ATR (7 unit kerja), Kementerian Agama (5 unit kerja), BPOM (7 unit kerja), Kemendikbud (10 unit kerja) dan Polri (42 unit kerja).

Sementara untuk kepala daerah ada dua yang mendapat penghargaan tersebut, yakni Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dengan 5 unit kerja dan Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa dengan 6 unit kerja.

Dalam komentarnya, Kapolres Pelabuhan Tanjung Perak yang akrab disapa Agus  menyampaikan bahwa penghargaan yang berhasil diraih ini merupakan kerja keras bersama seluruh personil dan dukungan dari masyarakat.

“Tanpa kerja keras dan dukungan dari masyarakat Pelabuhan Tanjung Perak, hal ini tidak mungkin terwujud. Tentu saja kami tidak berhenti sampai disini. Sekarang baru kami dapatkan WBK. Dan untuk target selanjutnya kami harus dapat meraih predikat WBBM,” ujarnya. @spd

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button